Angin Emas

Saya hanya seorang player seperti kamu, di server Angin, sekarang server Angin Emas. Pertama kali saya 'tercipta' di server Angin (jauh sebelum merger sama Emas), beberapa guild besar menguasai Arena dan open PvP. Pada waktu itu Arena masih bisa digunakan, dan untuk open PvP masih harus menggunakan lock menu untuk PK.

Ini pandangan objektif menurut saya.

Beberapa guild yang disegani pada waktu itu diantaranya MarinE, AVATAR, AiryGliph. Bukan tanpa alasan pada waktu itu dibentuk sebuah guild baru dengan nama ALveRNod yang diperkirakan akan jadi guild besar suatu saat nanti. Tidak seperti guild lain yang kemudian berkembang karena alasan pencarian jati diri, ingin menguasai wilayah, ALveRNod justru terbentuk karena alasan kekeluargaan dan saling membantu. Bahkan beberapa pendiri ALveRNod memiliki peran dalam perkembangan beberapa orang anggota 3 guild besar lainnya. Walaupun, ALveRNod memang memiliki beberapa char dan player dengan skill yang cukup diperhitungkan.

Karena perkembangan ALveRNod yang cukup baik, AVATAR, yang pada saat itu merasa dalam kondisi yang lebih baik mulai melakukan aksi untuk memancing beberapa anggota dari guild-guild besar lainnya untuk menerima Open War (pada saat itu masih belum patch Territory War). Apalagi didukung oleh alasan adanya sebuah guild baru yang diperkirakan suatu saat akan menjadi sebuah guild yang kuat. Namun aksi jauh lebih menentukan dibanding pernyataan. AVATAR menyerah dan ALveRNod justru punya pengaruh cukup kuat terhadap kondisi tersebut. Hingga akhirnya AVATAR mulai ditinggalkan anggotanya, dan bubar, bahkan sebelum Perfect World Indonesia mengenal Territory War.

Bubarnya AVATAR membuat banyak guild melakukan merger. Beberapa orang mantan anggota AVATAR dan beberapa orang anggota MarinE bergabung dengan AiryGliph, sedangkan sebagian lainnya dari AVATAR dan MarinE bergabung dengan ALveRNod. 

Perfect World Indonesia kemudian memasuki era Territory War.
  
ALveRNod yang pada saat itu tidak pernah merasa sebagai guild terkuat mulai membentuk aliansi untuk mengamankan posisi. Bersama BLackHoLe, Valhalla dan Hatebreed aliansi tersebut menguasai wilayah utara Perfect World. Sedangkan sebagian besar wilayah selatan dikuasai guild terbesar saat itu, AiryGliph. Beberapa wilayah tersisa dikuasai diantaranya Friends dan [vivid] sekaligus sebagai batas pemisah antara aliansi terbesar utara dengan guild terbesar AiryGliph.

Melihat perkembangan ALveRNod yang sangat pesat, AiryGliph menyatakan diri sebagai penantang. ALveRNod sebagai guild ketua aliansi pada waktu itu tidak terlalu menanggapi kondisi tersebut. Walaupun  AiryGliph telah memulai Open War terhadap anggota ke-empat guild aliansi atas.

Perkembangan AiryGliph menguasai Perfect World bagian selatan berujung pada kondisi dimana wilayah BLackHoLe dan Hatebreed bersinggungan langsung dengan wilayah AiryGliph. ALveRNod menguasai wilayah paling utara dari Perfect World, dengan Hatebreed sebagai pemisah dengan AiryGliph. AiryGliph mulai menguasai satu persatu wilayah kekuasaan Hatebreed, untuk membuka jalan menuju wilayah ALveRNod.

Pernyataan perjanjian aliansi membuat beberapa anggota dari ALveRNod bergabung ke Hatebreed untuk membantu mempertahankan wilayah aliansi. Namun kondisi aliansi pada saat itu diperburuk oleh adanya masalah internal aliansi. BLackHoLe merasa dianak-tirikan dan memilih keluar dari aliansi karena ALveRNod terlalu fokus terhadap Hatebreed. Masalah internal dan karena aliansi cukup kewalahan menerima serangan dari AiryGliph memaksa Hatebreed untuk hilang dari daftar penguasa wilayah di Perfect World.

Tapi ternyata kondisi tersebut justru semakin memperkuat ALveRNod dengan bergabungnya beberapa mantan anggota Hatebreed. Sedangkan BLackHoLe memutuskan untuk membentuk aliansi bersama AiryGliph. ALveRNod mulai menguasai kembali wilayah-wilayah yang pernah dikuasai Hatebreed dari AiryGliph, sedangkan BLackHoLe mulai memperluas wilayah dengan menguasai wilayah-wilayah Valhalla yang sepertinya lupa cara berperang karena terlalu lama dalam kondisi damai.

Namun dengan hilangnya Valhall sebagai daftar penguasa justru membuat ALveRNod semakin kuat. Kebesaran dan kekuatan ALveRNod yang didukung oleh anggota-anggota dari Hatebreed dan Valhalla terbukti dengan berhasilnya ALveRNod menguasai kembali semua wilayah yang pernah dikuasai Valhalla dan Hatebreed. Bahkan, menghapus BLackHoLe dari daftar penguasa wilayah Perfect World.

Kehancuran BLackHoLe membuat beberapa anggotanya memutuskan untuk bergabung bersama AiryGliph. Dan pada saat itulah, wilayah-wilayah Perfect World mulai didominasi 2 guild besar yang ada, ALveRNod dan AiryGliph.

Dengan penguasaan wilayah yang sangat besar, AiryGlpih seperti lupa diri dan mulai menimbulkan konflik internal dalam guild. Beberapa sumber menyatakan bahwa telah terjadi permainan pajak wilayah oleh para petingginya.

Guild terbesar yang telah diprediksi oleh banyak orang bahkan sebelum Perfect World mulai memasuki era Territory War, akhirnya harus merelakan kehilangan setiap wilayahnya satu persatu. Ironis, guild terbesar, terkuat dan menjadi harapan banyak orang, hancur karena konflik internal rasa tidak saling percaya terhadap pembagian pajak wilayah.

Dengan kehancuran AiryGliph, ALveRNod memasuki masa damai dan tidak lagi memperlebar wilayah kekuasaan.

Adalah Friends, yang akhirnya diketahui telah di perkuat sebagian besar mantan anggota AiryGliph, mulai menyentuh wilayah kekuasaan ALveRNod. Kekuatan dan keberanian Friends mulai menyentuh wilayah-wilayah ALveRNod mekasa ALveRNod memperluas wilayah kekuasaannya. ALveRNod memperluas wilayah, dengan menyerang semua wilayah kekuasaan Friends, karena telah berani menyerang duluan. Menjadikan ALveRNod penguasa tunggal di Perfect World.

ALveRNod menjadi penguasa tunggal berlangsung cukup lama. Hingga akhirnya beberapa petinggi dan orang-orang pentingnya mulai memilih jeda dari Perfect World. Kondisi ini dimanfaatkan oleh aliansi bawah yang terdiri dari 3 guild yang pernah dihancurkan ALveRNod yaitu Friends, AiryGliph dan BLackHoLe, dibawah nama Friends.

ALveRNod yang sedang 'kosong', membuat beberapa petinggi ALveRNod memilih untuk merger dan membentuk guild baru bernama Versaille. Namun karena berdiri dengan nama dan anggota baru, dan tidak adanya dukungan dari para anggota yang dulu pernah membesarkan nama ALveRNod, membuat keadaan berbalik dan dalam waktu yang sangat singkat Friends berhasil menguasai sebagian besar wilayah Perfect World. Sebagian kecil wilayah masih dapat dipertahankan oleh Versaille.

Keberhasilan Friends menjadi penguasa tunggal Perfect World, didukung oleh kekuatan dari 2 guild besar lainnya, yaitu AiryGliph dan BLackHoLe. Oleh karena itu, beberapa mantan anggota AiryGliph kembali mendirikan nama besar AiryGliph dan meminta beberapa wilayah dikembalikan karena telah membantu nama besar Friends. 

Namun secara perlahan, AiryGliph seperti tidak ada habisnya untuk meminta beberapa wilayah kepada Friends. Hal ini membuat konflik internal di dalam Friends, terhadap anggota yang setuju dan tidak setuju, AiryGliph memperluas wilayah kekuasaan secara cuma-cuma dari Friends.

Dengan adanya konflik internal dan kewalahan karena beberapa anggota yang dulu memperkuat pergi untuk membawa nama sendiri, AiryGliph, Friends mulai kalah harus merelakan wilayah mereka direbut oleh Versaille. Sementara AiryGliph dengan damainya semakin memperluas wilayah kekuasaan.

Beberapa anggota yang pro AiryGliph merelakan nama besar Friends hilang untuk bergabung dibawah nama AiryGliph sedangkan beberapa anggota lainnya yang kontra dengan sikap dan klaim wilayah yang dilakukan AiryGliph memilih keluar dan membentuk guild baru.

Dengan dukungan tambahan kekuatan dari mantan anggota Friends yang pro, AiryGliph dengan mudahnya berhasil menghancurkan Versaille dan menjadi penguasa tunggal hingga hari ini.


4 Comments

  1. Aduh udah lama gak main pw. Salam dari Hatebreed gan

    ReplyDelete
  2. Memories :)
    Salam dari RajaUtan (Angin/Alvernood)/MRSqak (Emas/Viper)

    ReplyDelete
  3. Wow udah nggak main pw salam (xrame)verseille

    ReplyDelete
  4. anjir merinding wa baca, soalnya dulu main molai server angin, tahu betul cerita itu, yg entah bagaimana hingga kekuasaan merucut ke 2 Guild raksasa yaitu ALveRNod & AiryGliph. Zamannya Kotaro, cc Reina, dll (dah lupa) hingga Versaille. Keren dah PW 1 zaman itu. Makasih bang dah nulis ceritanya.
    Yg asik d zaman itu pas level kecil kek ane, punya temen / pernah dibantu char di Guild" gede diatas, langsung dah koar" 1 warnet :p

    ReplyDelete